Melamar Pekerjaan Secara Online, Ada Etikanya
Melamar
pekerjaan adalah suatu hal yang akan dialami setiap orang. Apalagi yang ingin
bekerja pada suatu perusahaan ataupun instansi resmi, mereka wajib melamar
pekerjaan dengan memberikan beberapa dokumen yang terkait dengan identitasnya
dan lain-lain. Dengan teknologi yang canggih serta informasi yang bisa diperoleh
dimana saja akan sangat memudahkan masyarakat untuk melamar pekerjaan secara
online. Selain melalui media cetak, via online juga menjadi akses yang bisa
diandalkan. Misalnya melalui email yang tercantum pada informasi yang anda
peroleh dan lain-lain.
Cara
ini akan sangat menghemat waktu, tenaga dan biaya. Karena banyaknya situs yang
menyediakan info lowongan pekerjaan akan menjadi cara yang praktis, nyaman, dan
ekonomis. Karena seseorang tidak perlu bersusah payah dan mengeluarkan banyak biaya
untuk datang ke lokasi demi melamar pekerjaan atau memberikan dokumen-dokumen
yang menjadi persyaratannya. Meskipun demikian, tetap diperlukan beberapa persiapan
untuk melamar pekerjaan dengan baik diantaranya:
1.
Lengkapi
identitas diri
Mengisi
atau melampirkan identitas diri merupakan syarat yang wajib dilakukan. Termasuk
mencantumkan foto resmi, bukan yang asal-asalan. Karena dengan memberikan identitas
diri yang lengkap, perusahaan akan mengetahui siapa diri anda dan apakah layak
atau tidak diterima diperusahaan tersebut.
2.
Perhatikan
lowongan yang dibutuhkan
Pada
situs-situs perusahaan atau lowongan pekerjaan, biasanya akan dicantumkan
bagian yang dibutuhkan. Para pelamar harus jeli dalam menyikapi hal tersebut. Karena
dengan demikian, anda bisa menyiapkan surat lamaran dengan mancantumkan
lowongan bagian yang ingin anda tempati. Surat lamaran sebaiknya ditulis dengan
singkat dan jelas. Hindari penggunaan kalimat yang bertele-tele, dan gunakan
gaya bahasa yang sederhana namun singkat, tepat, dan jelas. Selain itu,
menuliskan Curiculum Vitae (CV) juga merupakan hal yang sangat penting. Karena
pada CV anda bisa menuliskan pengalaman serta bidang yang anda kuasai. Hal ini
akan menjadi pertimbangan yang sangat besar bagi pihak perusahaan untuk
menerima anda atau tidak. Pastikan CV anda menarik dan teratur, agar perusahaan
tertarik untuk merekrut anda.
3.
Pastikan
nomor kontak benar dan update
Untuk
melamar pekerjaan secara online, pastikan nomor kontak yang anda cantumkan
adalah benar dan selalu di update. Jika
sewaktu-waktu anda menukar nomor telepon anda, jangan lupa untuk mengganti
nomor telepon yang sebelumnya sudah anda cantumkan. Agar pihak perusahaan bisa
menghubungi anda dengan cepat dan tepat. Kemudian pastikan juga email yang anda
gunakan untuk mengirim dokumen-dokumen persyaratan adalah email yang aktif.
Selain
dari beberapa hal diatas, anda juga harus sering mengecek email yang masuk
untuk melihat apakah ada balasan dari pihak perusahaan. Apabila mendapat
panggilan wawancara, sebaiknya anda segera menghadirinya. Dan pastikan anda
menjawab semua pertanyaan sesuai dengan data-data yang sudah anda dikirim.
Semoga
tulisan ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi ketika anda ingin melamar
pekerjaan secara online.
Komentar
Posting Komentar