Melamar Pekerjaan Secara Online, Ada Etikanya

Melamar pekerjaan adalah suatu hal yang akan dialami setiap orang. Apalagi yang ingin bekerja pada suatu perusahaan ataupun instansi resmi, mereka wajib melamar pekerjaan dengan memberikan beberapa dokumen yang terkait dengan identitasnya dan lain-lain. Dengan teknologi yang canggih serta informasi yang bisa diperoleh dimana saja akan sangat memudahkan masyarakat untuk melamar pekerjaan secara online. Selain melalui media cetak, via online juga menjadi akses yang bisa diandalkan. Misalnya melalui email yang tercantum pada informasi yang anda peroleh dan lain-lain.
Cara ini akan sangat menghemat waktu, tenaga dan biaya. Karena banyaknya situs yang menyediakan info lowongan pekerjaan akan menjadi cara yang praktis, nyaman, dan ekonomis. Karena seseorang tidak perlu bersusah payah dan mengeluarkan banyak biaya untuk datang ke lokasi demi melamar pekerjaan atau memberikan dokumen-dokumen yang menjadi persyaratannya. Meskipun demikian, tetap diperlukan beberapa persiapan untuk melamar pekerjaan dengan baik diantaranya:
1.      Lengkapi identitas diri
Mengisi atau melampirkan identitas diri merupakan syarat yang wajib dilakukan. Termasuk mencantumkan foto resmi, bukan yang asal-asalan. Karena dengan memberikan identitas diri yang lengkap, perusahaan akan mengetahui siapa diri anda dan apakah layak atau tidak diterima diperusahaan tersebut.
2.      Perhatikan lowongan yang dibutuhkan
Pada situs-situs perusahaan atau lowongan pekerjaan, biasanya akan dicantumkan bagian yang dibutuhkan. Para pelamar harus jeli dalam menyikapi hal tersebut. Karena dengan demikian, anda bisa menyiapkan surat lamaran dengan mancantumkan lowongan bagian yang ingin anda tempati. Surat lamaran sebaiknya ditulis dengan singkat dan jelas. Hindari penggunaan kalimat yang bertele-tele, dan gunakan gaya bahasa yang sederhana namun singkat, tepat, dan jelas. Selain itu, menuliskan  Curiculum Vitae (CV) juga merupakan hal yang sangat penting. Karena pada CV anda bisa menuliskan pengalaman serta bidang yang anda kuasai. Hal ini akan menjadi pertimbangan yang sangat besar bagi pihak perusahaan untuk menerima anda atau tidak. Pastikan CV anda menarik dan teratur, agar perusahaan tertarik untuk merekrut anda.
3.      Pastikan nomor kontak benar dan update
Untuk melamar pekerjaan secara online, pastikan nomor kontak yang anda cantumkan adalah benar dan selalu di update. Jika sewaktu-waktu anda menukar nomor telepon anda, jangan lupa untuk mengganti nomor telepon yang sebelumnya sudah anda cantumkan. Agar pihak perusahaan bisa menghubungi anda dengan cepat dan tepat. Kemudian pastikan juga email yang anda gunakan untuk mengirim dokumen-dokumen persyaratan adalah email yang aktif.
Selain dari beberapa hal diatas, anda juga harus sering mengecek email yang masuk untuk melihat apakah ada balasan dari pihak perusahaan. Apabila mendapat panggilan wawancara, sebaiknya anda segera menghadirinya. Dan pastikan anda menjawab semua pertanyaan sesuai dengan data-data yang sudah anda dikirim.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi ketika anda ingin melamar pekerjaan secara online.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cinnamoroll

Resensi Novel Love, Edelweiss, and Me

Demand Paging