Peranan Komunikasi Dalam Organisasi


A.      PENGERTIAN DAN ARTI PENTING KOMUNIKASI
Komunikasi merupakan proses interaksi dimana kita saling menyampaikan pesan baik secara lisan ataupun dengan perantara media yang mempunyai maksud dan tujuan tertentu. Komunikasi bisa terjalin antara 2 orang atau lebih.
Pengertian komunikasi menurut para ahli, diantaranya :
1.       Raymond Ross
Komunikasi adalah proses menyortir, memilih dan pengiriman simbol-simbol sedemikian rupa agar membantu pendengar membangkitkan respons/makna dari pemikiran yang serupa dengan yang dimaksudkan oleh komunikator.
2.       Gerald R. Miller
Komunikasi terjadi saat satu sumber menyampaikan pesan kepada penerima dengan niat sadar untuk mempengaruhi perilaku mereka.
3.       Everett M. Rogers
Komunikasi adalah proses suatu ide dialihkan dari satu sumber kepada satu atau banyak penerima dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.
4.       New Comb
Komunikasi adalah transmisi informasi yang terdiri dari rangsangan diskriminatif dari sumber kepada penerima.
5.       Carl I. Hovland
Komunikasi adalah suatu proses yang memungkinkan seseorang menyampaikan rangsangan (biasanya dengan menggunakan lambang verbal) untuk mengubah perilaku orang lain.
6.       Bernard Barelson & Garry A. Steiner
Komunikasi adalah proses transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya dengan menggunakan simbol-simbol, kata-kata, gambar, grafis, angka dsb.
                Kita diciptakan sebagai makhluk sosial, dimana kita sebagai manusia akan saling berinteraksi satu sama lain. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk kita berkomunikasi. Komunikasi dilakukan karena kita mempunyai pesan atau sesuatu yang ingin disampaikan kepada seseorang atau lebih yang memiliki maksud dan tujuan tertentu. Dengan komunikasi, kita bisa saling bercerita, bertukar pikiran, dan silaturrahmi akan terjalin. Karena komunikasi itu sendiri sebenarnya merupakan kunci utama dalam kehidupan kita. Tanpa berkomunikasi, kita tidak akan bisa berinteraksi dengan makhluk dimuka bumi ini dan tidak bisa hidup bersama-sama.
B.      JENIS DAN PROSES KOMUNIKASI
Komunikasi merupakan satu-satunya alat untuk menghubungkan kita dengan orang lain yang ada di sekitar kita. Komunikasi memiliki beberapa jenis, yaitu :
1.       Komunikasi Verbal
a.       Vocabulary
komunikasi tidak akan efektif bila disampaikan dengan kata-kata yang tidak dimengerti, karena itu olah kata menjadi penting dalam berkomunikasi.
b.      Racing (kecepatan)
Komunikasi akan lebih efektif dan sukses bila kecepatan dapat diatur dengan baik, tidak terlalu cepat atau terlalu lambat.
c.       Intonasi suara
Akan mempengaruhi arti pesan secara dramatik sehingga pesan akan menjadi latin artinya bila diucapkan dengan intonasi suara yang berbeda. Intonasi suara yang tidak proposional merupakan hambatan dalam berkomunikasi.
d.      Humor
Dapat meningkatkan kehidupan yang bahagia. Tertawa mempunyai hubungan fisik dan psikis dan harus diingat bahwa humor adalah merupakan satu-satunya selingan dalam berkomunikasi.
e.      Singkat dan jelas
Komunikasi akan efektif bila disampaikan dengan singkat dan jelas, langsung pada pokok permasalahannya sehingga lebih mudah mengerti.
f.        Timing (waktu yang tepat)
Merupakan hal kritis yang perlu diperhatikan karena berkomunikasi akan berarti bila seseorang bersedia untuk berkomunikasi, artinya dapat menyediakan waktu untuk mendengar atau memperhatikan apa yang disampaikan.

2.       Komunikasi Non Verbal
Komunikasi non verbal merupakan penyampaian pesan tanpa kata-kata dan komunikasi non verbal memberikan arti pada komunikasi verbal.
a.       Ekspresi wajah
Wajah merupakan sumber yang kaya dengan komunikasi, karena ekspresi wajah merupakan cerminan suasana emosi seseorang.
b.      Kontak mata
Merupakan sinyal alamiah untuk berkomunikasi. Dengan mengadakan kontak mata selama berinteraksi atau tanya jawab berarti orang tersebut terlibat dan menghargai lawan bicaranya dengan kemauan untuk memperhatikan bukan sekedar mendengarkan. Melalui kontak mata juga memberikan kesempatan pada orang lain untuk mengobservasi yang lainnya.
c.       Sentuhan
Merupakan bentuk komunikasi personal mengingat sentuhan lebih bersifat spontan daripada komunikasi verbal. Beberapa pesan seperti perhatian yang sungguh-sungguh, dukungan emosional, kasih sayang atau simpati dapat dilakukan melalui sentuhan.
d.      Postur tubuh dan gaya berjalan
Cara seseorang berjalan, duduk, berdiri, dan bergerak memperlihatkan ekspresi dirinya. Postur tubuh dan gaya berjalan merefleksikan emosi, konsep diri dan tingkat kesehatannya.
e.      Sound (suara)
Rintihan, menarik nafas panjang, tangisan juga salah satu ungkapan perasaan dan pikiran seseorang yang dapat dijadikan komunikasi. Bila dikombinasikan dengan semua bentuk komunikasi non verbal lainnya sapai desis atau suara dapat menjadi pesan yang sangat jelas.
f.        Gerak isyarat
Gerak isyarat dapat mempertegas pembicaraan. Menggunakan isyarat sebagai bagian total dari komunikasi seperti mengtuk-ngetukkan kaki atau menggerakkan tangan selama berbicara menunjukkan seseorang dalam keadaan stress atau sebagai upaya untuk menghilangkan stress.
                Proses komunikasi adalah bagaimana komunikator menyampaikan pesan kepa komunikannya, sehingga dapat menciptakan suatu persamaan makna antara komunikan dengan komunikatornya. Proses komunikasi ini bertujuan untuk menciptakan komunikasi yang efektif, kemudian proses komunikasi ini juga banyak mengalami perkembangan. Tahapan proses komunikasi itu diantaranya :
1.       Penginterpretasian.
2.       Penyandian.
3.       Pengiriman.
4.       Perjalanan.
5.       Penerimaan.
6.       Penyandian balik.
7.       Penginterpretasian.

C.      KOMUNIKASI EFEKTIF
Komunikasi efektif merupakan komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap pada orang yang terlibat dalam komunikasi. Komunikasi efektif dapat memungkinkan seseorang dapat bertukar informasi, ide, kepercayaan, perasaan dan sikap antara dua orang atau kelompok yang hasilnya sesuai dengan harapan. Memberi kemudahan dalam memahami pesan antara pemberi dan penerima pesan. Sehingga tercipta feedback yang baik antara pemberi dan penerima pesan.
Prinsip dasar dari komunikasi efektif itu diantaranya :
1.       Respect.
2.       Empathy.
3.       Audible.
4.       Clarity.
5.       Humble.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam komunikasi efektif :
a.       Berkomunikasi pada suasana yang menguntungkan.
b.      Menggunakan bahasa yang mudah ditangkap dan mudah dimengerti.
c.       Pesan yang disampaikan dapat menggugah perhatian atau minat di pihak komunikan.
d.      Pesan dapat menggugah kepentingan dipihak komunikan yang dapat menguntungkannya.
e.      Pesan dapat menumbuhkan suatu penghargaan atau reward dipihak komunikan.

D.      IMPLIKASI MANAJERIAL
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata implikasi memiliki arti akibat. Kata implikasi sendiri dapat merujuk ke beberapa aspek, yaitu salah satunya yang dibahas saat ini adalah manajerial atau manajemen. Dalam manajemen terdapat 2 implikasi yaitu :
1.       Implikasi prosedural meliputi tata cara analisis, pilihan representasi, perencanaan kerja dan formulasi kebijakan.
2.       Implikasi kebijakan meliputi sifat substantif, perkiraan ke depan dan perumusan tindakan.

Sumber :
http://duniatugasasri.wordpress.com/2013/06/11/komunikasi-efektif-implikasi-manajerial/
http://idadwiw.wordpress.com/2011/12/18/pengertian-komunikasi/

http://edukasi.kompasiana.com/2013/06/10/jenis-jenis-komunikasi-563927.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cinnamoroll

Resensi Novel Love, Edelweiss, and Me

Demand Paging