Perubahan dan Pengembangan Organisasi


A.      PERUBAHAN DAN PERKEMBANGAN ORGANISASI
Perubahan pasti akan terjadi pada setiap organisasi, karena perubahan zaman mengakibatkan suatu organisasi juga harus melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dan lebih ekstensi. Dalam istilah perubahan organisasi, dikenal juga suatu istilah yaitu change interventation adalah sebuah rancangan aksi atau tindakan untuk membuat inovasi dan merubah sesuatu menjadi berbeda. Dan change again yaitu individu atau kelompok yang bertindak sebagai katalis atau suatu seseorang yang bertanggung jawab untuk melakukan manajemen dan menentukan prosedur kerja dalam organisasi, agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan.
Beberapa definisi perubahan menurut para ahli :
1.       Brian Clegg
Perubahan merupakan suatu kekuatan yang sangat hebat.
2.       A.B Susanto
Perubahan adalah keniscayaan yang menyertai kehidupan, dapat terjadi dimana saja, kapan saja, dan menimpa siapa saja.
3.       Vincent Gaspers
Perubahan adalah bagian terbesar dari kenyataan bisnis.
4.       Jane Flagello
Perubahan adalah pertumbuhan, perubahan adalah kesempatan, dan perubahan adalah peningkatan potensi.
5.       Cateora (MGH)
Perubahan adalah hasil suatu masyarakat yang mencari cara memecahkan masalah yang diciptakan oleh perubahan dalam lingkungannya.
6.       Russel Swanburg
Perubahan merupaka kunci inovasi dan kunci yang akan datang, yang dasarnya adalah teori perubahan.
Perubahan organisasi adalah upaya masyarakat dalam organisasi tersebut, bekerja sama dalam mencapai tujuan yang sama, dengan melakukan perubahan-perubahan organisasi dalam berbagai aspek. Atau melakukan berbagai penyesuaian dengan perkembangan zaman yang terus berkembang. Agar tujuannya dapat tercapai, dan dapat bertahan dalam perubahan besar dunia.
Ada beberapa pengertian tentang perkembangan organisasi yang dituturkan oleh para pakar, diantaranya adalah :
1.       Strategi untuk merubah nilai-nilai daripada manusia dan juga struktur organisasi, sehingga organisasi itu dapat beradaptasi dengan lingkungannya.
2.       Suatu penyempurnaan yang terencana dalam fungsi menyeluruh (nilai dan struktur organisasi) suatu organisasi.
3.       Perkembangan organisasi merupakan suatu proses yang meliputi serangkaian rencana perubahan yang sistematis yang dilakukan secara terus menerus oleh suatu organisasi.
4.       Perkembangan organisasi merupakan suatu pendekatan situasional atau kontingensi untuk meningkatkan efektifitas organisasi.
5.       Perkembangan organisasi lebih menekankan pada system sebagai sasaran perubahan.
6.       Perkembangan organisasi meliputi perubahan yang sengaja direncanakan.

B.      LANGKAH-LANGKAH PERUBAHAN ORGANISASI

1.       Mengadakan pengkajian.
2.       Mengadakan identifikasi.
3.       Menetapkan perubahan.
4.       Menentukan strategi.
5.       Melakukan evaluasi.
6.       Mengadakan perubahan struktur organisasi.
7.       Mengubah sikap dan perilaku pegawai.
8.       Mengubah tata aliran kerja.
9.       Mengubah peralatan kerja.
10.   Mengubah prosedur kerja.
11.   Mengadakan perubahan dalam hubungan kerja antar personal.
Masih ada 7 langkah komprehensif yang ditempuh dalam proses perubahan organisasi, yaitu:
1.       Mengenali kebutuhan akan perubahan.
2.       Menetapkan tujuan perubahan.
3.       Mendiagnosa apa yang menyebabkan perlunya dilakukan perubahan.
4.       Memilih teknik perubahan yang sesuai untuk mencapai tujuan.
5.       Merencanakan implementasi untuk perubahan.
6.       Mengimplementasikan perencanaan perubahan.
7.       Mengevaluasi perubahan dan tindak lanjut.

C.      PERENCANAAN STRATEGI PENGEMBANGAN ORGANISASI
                Perencanaan strategi adalah proses yang dilakukan suatu organisasi untuk menentukan strategi atau arahan, serta mengambil keputusan untuk mengalokasikan sumber dayanya (termasuk modal dan sumber daya manusia) untuk mencapai strategi ini. perencanaan strategis juga merupakan sebuah alat manajemen yang digunakan untuk mengelola kondisi saat ini untuk melakukan proyeksi kondisi pada masa depan, sehingga rencana strategis adalah sebuah petunjuk yang dapat digunakan organisasi dari kondisi saat ini untuk mereka bekerja menuju 5 sampai 10 tahun ke depan.
1.       Pengamatan Eksternal
Yaitu dengan memperhatikan kesempatan dan ancaman di segala aspek, baik ekonomi, politik, teknologi, budan dan lainnya yang semua variabel itu akan membentuk karakter organisasi. Metode ini sesuai dengan yang dinyatakan oleh Wayne E. Rosing, wakil direktur pengembangan Sun Microsystems, Inc “Tidak satupun yang memotivasi Sun kecuali ketakutan akan apa yang dilakukan oleh pesaing”.
2.       Pengamatan Internal
Terdiri dari evaluasi SDM dan struktur organisasi, dengan tujuan mengukur kesiapan SDM (input), strategi sekarang (proses), kinerja (output) dan potensi dalam yang akan membentuk kedinamisan organisasi. Dalam internal terdapat 2 variabel yang penting, yaitu struktur dan budaya. Struktur berkenaan dengan mekanisme, prosedural organisasi. Budaya adalah yang berkenaan dengan pola keyakinan dan pemikiran, aspirasi dan nilai-nilai yang diharapkan oleh semua anggota organisasi.
3.       Perumusan organisasi
Merupakan pengembangan planning jangka panjang, dari manajemen yang efektif, dari kesempatan dan ancaman yang disinergiskan dengan kondisi internal.
4.       Misi
Misi merupakan tujuan atau alasan mengapa organisasi ada dan mempertegas keberadaan organisasi. Konsep misi yang disusun dengan sistematik dan general itu akan menjadikan ciri khas organisasi dengan organisasi lain, dan berperan terhadap uniknya nilai produk organisasi yang ditawarkan.
5.       Tujuan
Merupakan hasil akhir aktifitas perencanaan, dengan merumuskan apa dan kapan yang akan diselesaikan dengan mengukur sasaran.
6.       Strategi
Merupakan konsep perencanaan komprehensif tentang bagaimana organisasi dapat mencapat misi dan tujuan.
7.       Kebijakan
Merupakan pedoman yang luas  yang menghubungkan strategi dengan implementasi. Kebijakan ini bersifat gengeral yang nantinya akan diikuti dan dispesifikasikan, diinterpretasikan, dan diimplementasikan oleh devisi-devisi melalui strategi dan tujuan devisi masing=masing.
8.       Implementasi strategi
Merupakan proses dimana manajemen mewujudkan strategi dan kebijakan dalam tindakan melalui pengembangan program, anggaran dan prosedur.
9.       Program
Merupakan pernyataan aktivitas-aktivitas yang diperlukan untuk menyelesaikan perencanaan sekali pakai.
10.   Anggaran
Merupakan program yang dinyatakan dalam satuan uang, setiap program akan dinyatakan secara rinci dalam biaya, yang dapat digunakan oleh SDM untuk mengelola organisasi.
11.   Prosedur
Prosedur sering juga disebut dengan standard operating procedur, yaitu langkah-langkah yang berurutan yang menggambarkan dengan rinci bagaimana suatu tugas atau pekerjaan diselesaikan.
12.   Evaluasi dan pengendalian
Merupakan proses yang melalui aktivitas-aktivitas dan hasil kerja dimonitor, dan kinerja nyata dengan kinerja/program yang diinginkan. Hasil yang diharapkan dalam sebuah organisasi adalah bentuk peningkatan efektifitas organisasi : produk, efisiensi dan kepuasan dalam jangka pendek, adaptasi dan pengembangan dalam jangka menengah, kemampuan bertahan dalam jangka panjang.

D.      IMPLIKASI MANAJERIAL
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata implikasi memiliki arti akibat. Kata implikasi sendiri dapat merujuk ke beberapa aspek, yaitu salah satunya yang dibahas saat ini adalah manajerial atau manajemen. Dalam manajemen terdapat 2 implikasi yaitu :
1.       Implikasi prosedural meliputi tata cara analisis, pilihan representasi, perencanaan kerja dan formulasi kebijakan.
2.       Implikasi kebijakan meliputi sifat substantif, perkiraan ke depan dan perumusan tindakan.
               
                Sumber :
http://aditb-gunadarma.blogspot.com/2012/11/makalah-kelompok-5-perubahan-organisasi.html
http://dwiseptiyanti.blogspot.com/2013/06/pengertian-perubahan-dan-pengembangan.html
            http://ikasakra-olivia.blogspot.com/2013/06/langkah-langkah-perubahan-organisasi.html
            http://anggit807.blogspot.com/2013/06/2.html
             http://id.wikipedia.org/wiki/Perencanaan_strategis

http://candra-zulisman.blogspot.com/2013/04/perubahan-dan-pengembangan-organisasi.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cinnamoroll

Resensi Novel Love, Edelweiss, and Me

Demand Paging